Kamis, 23 Februari 2023

Mari Torehkan Namamu dengan Tulisanmu

Bismillahirrohmanirrohiim.

Puji syukur kepada yang Maha Kekal tempat kita bertawakkal dalam berbekal, sholawat salam terpintal kepada Baginda Rasulullah sosok ideal uswatun hasanah mengkristal ...

Ini adalah malam ke delapan semangat kita terkepal, sejengkal-sejengkal berusaha untuk tidak gagal  terjungkal ...

Pertemuan ke-8  Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 28 membahas "Komitmen Menulis di Blog" dengan moderator  Sigid PN, S.H. dan narasumber Drs. Dedi Dwitagama, M.Si. 

> Profil Narasumber

Narasumber yang luar biasa, Drs. Dedi Dwitagama, M.Si., mempunyai profil hebat sebagai : 

- Learning, Training, Motivating, Inspiring, Empowering People

- Narasumber, Trainer dan Motivator bidang Pendidikan, Leadership, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV/AIDS, Kepemimpinan, Berbicara di muka umum, Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK.

- Speaker, Trainer and Motivator on Education, Drug abuse Prevention, HIV/AIDS, Leadership, and Public Speaking, ICT-Information Communication Technologi.

- Wakil Indonesia pada Academic Leadership Training for School Principal UNESCO, Seoul Korea Selatan 2012

Ketua Delegasi Indonesia pada South East Asia School Principal Forum – SEASPF, Bali 2012

- Juara 1 GURARU Award – Guru Era Baru Award Indonesia – Acer, Jakarta, 2012

- Nominator Blog Pendidikan terbaik Indonesia, Pesta Blogger Nasional, Jakarta, 2011

Juara 3 Kepala Sekolah Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, 2008

- Juara 2 e-Learning Award tingkat Nasional, Pustekkom Depdiknas RI, Oktober 2008

- Juara 3 Kompetisi blog “I Love Mobile Blogging”: XL dan Dagdigdug, FKI - JHCC Jakarta, Juni 2008

• Wakil DKI Jakarta pada Lomba Guru Berprestasi tingkat Nasional, Jakarta, 2004

• Juara 1 Guru Berprestasi tingkat Provinsi DKI Jakarta, Jakarta 2004

Kali ini narasumber menyampaikan materi lewat zoom dengan bahasa yang sangat komunikatif, menginspirasi, menggungah, yang poin-poin pentingnya antara lain :

> Apa itu Blog ?

Blog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan yang dimuat di blog dalam urutan postingan terbaru di bagian atas  diikuti postingan (isi blog) yang lebih lama.

Blog adalah salah satu jenis website yang berisi konten artikel berupa opini, pengalaman, dan informasi pengetahuan. Konten/isi blog biasanya tak hanya berupa tulisan namun dapat juga disisipkan gambar maupun video. 

> Penulis Blog

Penulis blog disebut blogger yaitu orang yang membuat, memiliki, mengelola, membagikan pandangan serta perspektif kepada pembaca untuk tujuan tertentu

> Manfaat Blog

Blog sebagai sarana menuangkan kreativitas dan kemampuan/keterampilan menulis

Blog merupakan sarana untuk melatih keterampilan dan kreativitas menulis. Bagi penulis adanya blog sangat bermanfaat untuk menyimpan hasil tulisannya. Apalagi kita sebagai penulis pemula. Blog juga sebagai sarana untuk berbagi tulisan kita dengan orang lain. Dan serunya lagi kita bisa saling berjalan blog, berkomentar postif dan saling mendukung sesama penulis. Semakin sering menulis, semakin baik tulisan yang kita hasilkan. 

- Blog sebagai sarana promosi dan branding

Bagi seorang pengusaha, wiraswasta, profesional, blog bisa menjadi sarana untuk promosi dan branding. Memperkenalkan produk dan jasa, memperluas jaringan bisnis, menaikkan tingkat kepercayaan konsumen maupun keterkenalan produk,  dapat dilakukan di blog. Seiring dengan semakin maraknya dunia online, maka segmen pasar yang dibidik akan semakin luas.

-Blog sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi

Jika kita mempunyai ide/program tertentu yang menarik, melalui blog akan dapat dikenal dan diketahui orang/pihak lain. Selain itu, para blogger yang saling berkunjung dan berkomentar terkait tulisan di blog temannya akan menjadikan saling mengenal satu sama lain, silaturrahmi, sosialisasi, komunikasi.

- Blog sebagai penghasil pundi-pundi rupiah

Jika tulisan yang disajikan di blog menarik, mengupas issu terkini, memancing rasa ingin tahu banyak orang dan dipublikasikan di media ternama, maka jika pengunjung blog kita sangat banyak mencapai ribuan, puluhan bahkan ratusan ribu akan ada imbal balik sejumlah uang seperti narasumber pak Dedi dan Omjay yang menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hasil menulisnya, bisa keliling daerah dan dunia dari hasil blognya.

- Blog sebagai portofolio online

Apa yang disajikan di blog : hasil karya tulisan, gambar, foto, video, pemaparan ide, program maupun karya/proyek yang dilakukan/dikerjakan akan menggambarkan skill, kerja, karya, dan pengalaman yang dimiliki..

- Blog sebagai sarana belajar mengajar

Blog bisa kita gunakan untuk sarana mengajar misalnya dengan menempatkan link video, link google form di blog untuk dapat diakses siswa atau pembelajar, contohnya 

https://dedidwitagama.wordpress.com/2021/10/18/deret-aritmetika/

- Blog sebagai sarana eksistensi, publikasi, dan dokumentasi

Apa yang ditulis dan disajikan di blog merupakan jurnal pribadi yang berisi berbagai peristiwa yang merupakan dokumentasi, publikasi dan menunjukkan bahwa kita itu ada/eksis dan berkarya. Pada suatu waktu kemudian, apa yang ada di blog akan menjadi catatan dan kenangan.

> Komitmen Menulis di Blog

Hanya orang hebat yang mempunyai komitmen menulis di blog, maka jadilah orang hebat.
Ciri orang hebat adalah orang yang :
- produktif
- punya ide
- punya progres
- punya gebrakan waktu
- bekerja efisien dan berkembang

Produktif artinya mendatangkan atau memberi hasil, manfaat, dan lain sebagainya.
Ketika kita menjadi orang yang produktif maka kita tidak mencari sukses tetapi sukses mencari kita. 

Hal - hal yang harus dihindari orang hebat adalah melakukan hal yang minimalis, hal-hal yang seragam, selalu sama dengan orang lain. tanpa ada perkembangan, peningkatan, ide yang berkembang. Selain itu dalam karir kita harus ada waktu yang disediakan untuk keluarga.

Fakta yang ada, diantara sejumlah 3,31 juta guru di Indonesia, hanya sedikit guru yang memanfaatkan internet untuk menuliskan pemikiran maupun aktivitasnya.


Sering terjadi ada guru berprestasi atau guru teladan tetapi kurang atau tidak ada rekam jejak yang dibuatnya di internet tentang kiprah, aktivitas, dan pemikirannya, sehingga jika kita googling maka sulit menemukan namanya, padahal untuk sandal jepit saja (bahkan yang bolong-bolong pun) ada atau muncul saat kita googling di internet ðŸ˜ŸðŸ˜Œ

Jika ada suatu peristiwa di sekitar kita, aktivitas apa pun yang kita alami, apalagi prestasi dan kebanggaan, maka hal itu tidak berguna tanpa kita ekspos ke orang lain, melalui media internet : jadikan setiap momen/aktivitas dengan membuat konten tulisan dan upload ke blog atau media lainnya, itu penting.

Saat ini , keinginan orang untuk membaca buku sudah mulai bergeser atau bahkan sangat berkurang. Orang lebih tertarik membaca di internet atau membaca tulisan di blog dan platform digital lainnya.

Contoh aktivitas yaitu guru memberikan tugas kelompok kepada siswa, maka proses diskusi dalam mengerjakan tugas tersebut divideokan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengunggah ke youtube dan tulisan tentang siswa mengerjakan tugas dapat kita abadikan dalam blog.

> Tips Jitu agar Konsisten Menulis di Blog 
1. Menentukan tujuan tmembuat ulisan di blog
2. Membuat outline
3. Menyelesaikan tulisan
4. Mempublish
5. Mengikuti komunitas
6. Membaca tulisan orang lain
7. Menceritakan semua yang dirasakan dan dialami
8. Mempunyai karya
9. Menikmati hidup, berdoa, dan mencintai
10. Membahagiakan diri sendiri dan orang lain

Menulis pada media mempunyai kelebihan. Sosial media menjadi ujung tombak orang menjadi eksis. Dimanapun kita berada, kita bisa membuat tulisan dan menguploadnya. 

Melihat sesuatu yang indah, spektakuler maka tuliskan di blog. Hal kecil dengan perspektif besar dapat ditulis di blog. Prinsip orang hebat adalah meninggalkan jejak.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, mengandung arti bahwa manusia mati akan dikenang dari jasa atau semua perbuatannya. Perbuatan baik ataupun buruk akan tetap dikenang meskipun seseorang sudah mati


(Rosjida Ambawani, dari kota kecil Ciamis, Resume Pertemuan ke-8 Kelas Belajar Menulis Nusantara - KBMN  Gelombang 28, perjalanan kehidupan yang harus dijalani, nikmati, syukuri ...)





3 komentar: