Senin, 09 Januari 2023

Mari Menulis Setiap Hari dengan Hati Hal yang Disukai dan Dikuasai


                    Mari Menulis Setiap Hari dengan Hati, Hal yang Disukai dan Dikuasai 
 
Assalamualaikum para pembaca budiman. 

Ini adalah jumpa pertama kita, pertemuan pertama di Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) gelombang 28 dengan 1000 lebih peserta. Seribu, ya seribu, banyak dan penuh semangat. 
Pertemuan pertama dari 30 pertemuan. Layaknya jumpa pertama, masih bertanya-tanya, mampukah kita memulai semuanya, menjadi penulis yang mampu menerbitkan buku. 

Pematerinya sungguh hebat, Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd., OmJay, seorang teacher, trainer, writer, motivator, blogger, praktisi ICT,  dll Sering diundang di berbagai Seminar, Simposium, dan Workshop sebagai Pembicara/Narasumber di tingkat Nasional. Dirinya telah berkeliling hampir penjuru nusantara, karena menulis, banyak mendapat penghargaan sehingga diundang ke istana dari orang nomor satu di Indonesia. Beliau seorang Doktor, iya lulusan S3, mendapatkan gelar doktor pendidikan tahun 2022 dengan judul desertasi "Pengelolaan Blog Kolaboratif untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa" 

Beliau memulai semua keberhasilan dengan komitmen tinggi diawali dari blog pribadi yang dengan musibah kebakaran sekolah menjadikan "Yuk Kita Ngeblog'' mendapatkan juara pertama dari Depdikbud dengan hadiah 20 juta !!


Sungguh menarik paparan beliau :
1. Mulailah menulis dari apa yang kita sukai dan kuasai  
2. Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi
3. Menulis dengan hati akan mengena di hati  
4. Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain.
5. Kebanyakan orang tidak bisa menulis karena malas membaca tulisan orang lain atau merasa tulisannya yang paling hebat padahal di atas langit ada langit. 
6. Praktikkan ilmu menulis setiap hari dan bersedia belajar hal-hal yang baru
7. Bila anda rabun membaca, maka anda akan lumpuh menulis
8. Menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung sehingga kisah nyata lebih disukai banyak orang daripada kisah fantasi
9. Menulis setiap hari akan berbuah prestasi ketika anda menulis dengan hati
10. Teliti dahulu sebelum memposting
11. Dengan tulisan akan mendapatkan cuan.
      Seperti yang telah beliau dapatkan dari kompasiana



Satu jam penyampaian materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yabg dipandu oleh moderator Bpk Dail Maruf, M.Pd. Pertanyaan bertubi-tubi dijawab OmJay dengan jawaban singkat dan lugas. Intinya manfaatkan hp untuk menulis di saat waktu padat, manfaatkan blog untuk menulis ide tulisan yang nantinya bisa diedit, lawanlah rasa malas menulis dengan mengingat hal positif yang akan kita dapatkan minimal karya untuk anak cucu kelak, banyak tema tulisan bisa diramu seperti makanan gado-gado, agar tulisan banyak diminati dan dibaca maka tulislah isu terkini.

Sungguh menarik, memberi semangat dan membuka lebar mata kita akan banyak langkah untuk menjadikan kita berhasil dalam menulis.
Hayu kita banyak membaca, memperkaya diri dengan membaca tulisan orang lain, menulis berawal dari menyapa dan terdiri  dari 3 alinea, lawan rasa malas, dan menulis setiap hari itu harus ikhlas, hanya memberi tak harap kembali .....

( Rosjida Ambawani, Pertemuan I KBMN 28, tanggal 9 Jan 2023, dari kota kecil di Jawa Barat )

5 komentar: