Kamis, 19 Januari 2023

BLOG EDUKASI UNTUK PRESTASI


Bismillahirrahmanirrahim.

Puji syukur tercurah kepada Dzat yang Maha Pemurah tempat kita berkeluh kesah menghapus resah. Sholawat dan salam kepada junjungan Sang Penyampai Kebenaran penuh tauladan, menjadikan kehidupan sungguh terasa tentram meniti jaman penuh keberkahan.

Ini adalah malam kelima kita bertemu, menimba ilmu tak pernah jemu, mengukir pikir menyisir butir meski kadang kocar-kacir terjungkir biarlah mengalir seperti air ... Mari kita menjalin tangan saling menguatkan melanjutkan perjalanan ...

Pertemuan ke-5 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 28 mengambil judul "Blog sebagai Media Pembelajaran" dengan moderator Purbaniasita KS, S.Pd. yang akrab disapa mbak Sita dan narasumber Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd., sosok guru pembelajar, motivator, penulis buku dan artikel, mengawali sebagai penulis blogger dari nol, istikomah, ulet, tak kenal lelah, yang telah mampu menghasilkan 50 buku dalam waktu singkat, berani keluar dari zona nyaman dari seorang guru menjadi Ketua Yayasan Semesta Alam Madani (Yasalam0 kota Serang  yang membangun sekolah rintisan di lahan seluas 8.000 m2 dengan progress membanggakan ...

Munculnya Istilah Blog Pertama Kali
Istilah  “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jorn Barger. 
Barger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal-hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya kepada komunitas global.

Jenis-Jenis Blog 
1. Blog pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru. 
2. Blog sastra, lebih dikenal sebagai litblog (literary blog), berisi masalah yang berkaitan dengan dunia sastra. 
3. Blog pribadi disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman. 
4. Blog bertopik, yaitu blog yang membahas sesuatu masalah/topik tertentu, dan fokus pada bahasan tertentu. 
5. Blog kesehatan, lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan. 
6. Blog politik berisi tentang berita politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye)
7. Blog perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan. 
8. Blog riset, berisi persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
9. Blog hukum, berisi persoalan tentang hukum atau urusan hukum
10. Blog media atau blog berita, memberitakan apa-apa yang diliput wartawan suatu media
11. Blog agama, membahas masalah yang berkaitan dengan agama, berisi masalah agama dan solusi dari penulis atau tokoh agama, bisa juga berupa rubrik tanya jawab
12. Blog bisnis, digunakan untuk kegiatan promosi bisnis atau pun hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. 

Manfaat Blog bagi Pendidikan
1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru
 - kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperti kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya. 
2. Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar,  
- materi pelajaran, tugas siswa, informasi nilai siswa, dan lain-lain dapat lewat blog
3. Blog dapat meningkatkan minat belajar para siswa 
- Dengan blog, seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai, kemudian para siswa bisa blogwalking mengunjungi blog tersebut dan kegiatan belajar mengajar pun bisa menjadi lebih menyenangkan. (Transformatika, Volume 12 , Nomer 1, Maret 2016 ISSN 0854-8412 125)
4. Blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia. 
- Dengan blog, guru bisa berbagi materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang orang yang membutuhkan pemikirannya di mana pun mereka berada dengan mudah dan murah. 
5. Blog dapat menjadi media silaturahim. Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertemu secara tidak langsung dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain karena blog dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia

Contoh nyata manfaat blog :
- Nilai murid meningkat karena media blog (Skripsi Sartono Guru SMA Negeri 2 Magelang )
- Prestasi murid mengalami peningkatan signifikan dengan media blog kolaboratif, meningkat kemampuan menulis dan literasinya (Dr. Wijaya Kusumah, blogger KBMN)
- Menjadi media untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan siswa dapat menjawab di blog mereka dan mengirimkan linknya ke group, serta siswa dapat saling berkunjung antar blog (Ibu Nani).

Contoh Blog sebagai Media Pembelajaran :
https://dailalser.blogspot.com/2021/09/perkembangbikan-generatif-pada-tumbuhan.html
https://dailalser.blogspot.com/2021/09/mari-belajar-soal-up-ppg-b-ind0-ipa-ips.html
https://dailalser.blogspot.com/2021/09/blog-sebgai-sarana-pembelajaran.html

Contoh Buku-Buku yang Terbit karena Nulis di Blog :
( Saya = Dail Ma'ruf, S.Pd.)


Penyampaian materi dilanjutkan dengan tanya jawab.
Antusiasme peserta sungguh tinggi sehingga terdapat 50 pertanyaan !

Banyak harapan yang disampaikan ke peserta gelombang 28 Kelas Belajar Menulis Nusantara. Fantastis jumlahnya, tinggi semangatnya, balapan setor resumenya ..... bagaikan balap mobil formula F1 disebutnya ... walau ada yang berusaha mensejajarkan langkah pemula dengan para jawara, itulah sekelumit fenomena ..... dan jangan ada yang tertinggal jauh menjadi luruh rubuh dan jatuh  .... tapi semangat diri mengisi blog dengan edukasi untuk prestasi ...

(  Rosjida Ambawani, Resume Pertemuan ke-5 Kelas Belajar Menulis Nusantara - KBMN - Gelombang 28, malam sepi ...  sendiri menetapi  ...  mimpi tak bertepi ... )






























3 komentar: