Selasa, 06 September 2011

Tentang Kematian

Kematian adalah hal yang kongkrit, tak satu pun diantara kita menampik keberadaannya. Suka atau tidak, mau atau tidak, setiap jiwa akan dijemput kematian. Kematian adalah pasti bagi yang berjiwa, cepat atau lambat, tanpa kecuali.
"Setiap jiwa pasti akan merasakan kematian" (QS. Ali Imron 185).


Tak satu jiwa pun mengetahui kapan dan dimana kematian akan menjemputnya .
"Dan tak seorang pun tahu di bumi mana dia akan mati" (QS. Luqman 34)


Kehidupan berlangsung tanpa disadari dari detik ke detik. Dan manusia sering tidak menyadari bahwa hari-hari yang dilewati justru semakin mendekatkan diri kepada kematian yang telah ditentukan waktunya.


Kematian itu terus memburu setiap jiwa manusia. Dan kebanyakan manusia justru sibuk memburu banyak hal lain dan melupakan adanya kematian.
"Dimana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu. Kendati pun  kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh ..." (QS. An-Nisa : 78)


Tiap hari, orang-orang menyaksikan kematian orang lain di sekitarnya tetapi tidak memikirkan tentang hari ketika orang lain menyaksikan kematian dirinya. Ia tidak mengira bahwa kematian itu sedang menunggunya! Dan pada akhirnya, manusia yang diciptakan seorang diri haruslah waspada bahwa ia juga akan mati seorang diri ...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar