Rabu, 08 Maret 2023

Mari Menulis Meraih Poin

Bismillahirrahmanirrahim.

Segala puji bagi Asy-Syakuur, tempat kita memanjatkan segala syukur. Sholawat dan salam bagi Rasulullah saw insan masyhur akhlak baik bertabur.

Ini sudah malam ke dua puluh lima langkah kita menyusur dan sampai sekarang pantang mundur ....

Pertemuan ke-25 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 28 membahas "Poin Buku pada Kenaikan Pangkat PNS" dipandu moderator Yandri Novita Sari, S.Pd.

Narasumber kali ini adalah Dr. Imron Rosidi, M.Pd., lahir di Surabaya tanggal 10 Juni 1966, alumni IKIP Surabaya, penerima Penghargaan Satya Lencana Pendidikan dari Presiden Susilo Bambang Yudyono (SBY) tahun 2011, juga mendapatkan penghargaan dari Intel Education Award dan Platinum Indonesia, penulis banyak buku, salah satunya berjudul "Menulis Siapa Takut", berprofesi sebagai dosen Pascasarjana Uniwara STKIP Pasuruan dan kampus Dalwa Bangil, sebagai wakil dalam Pertukaran Tokoh Masyarakat Indonesia dengan Amerika Tahun 2006 dan wakil kalangan guru yang terbang ke Amerika, juga ke Sydney dan Melbourne tahun 2011 mewakili Indonesia sebagai Guru Berprestasi Tingkat Nasional, penulis buku pelajaran, buku pendidikan dan buku umum dari penerbit UM Press, Kanisius dan lain sebagainya, menjabat sebagai Kepala Sekolah SMAN 1 Bangil yang mengantarkan beliau meraih gelar Doktor dan masuk  sebagai 10 penulis buku nonfiksi yang mendapat apresiasi dari Gubernur Jatim.  


> Kegiatan untuk Kenaikan Pangkat

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (disingkat KemenPAN-RB) No. 16 Tahun 2009 yang berlaku sampai bulan Juni 2023,  Kenaikan Pangkat (KP) mencakup 3 kegiatan pokok, yaitu kegiatan :  
- Pengembangan Diri (PD)
- Publikasi Ilmiah (PI)
- Karya Inovatif (KI).

> Kegiatan Pengembangan Diri (PD)
Misalnya :
- Mengikuti diklat - diklat
- Mengikuti kegiatan peningkatkan kompetensi dan/atau keprofesian guru.

> Kegiatan Publikasi Ilmiah (PI)
Meliputi :
- Presentasi di forum ilmiah
- Laporan hasil penelitian tindakan kelas (PTK)
- Tinjauan ilmiah
- Tulisan ilmiah populer
- Artikel ilmiah
- Buku pelajaran
- Modul/diktat
- Buku dalam bidang pendidikan
- Karya terjemahan
- Buku pedoman guru

> Kegiatan Karya Inovatif (KI)

- Menemukan teknologi tepat guna
- Pembuat/me-modifikasi alat pelajaran/peraga/praktikum
- Mengikuti pengembangan penyusunan standar, pedoman, soal, dan sejenisnya pada tingkat nasional
- Menemukan/ menciptakan  karya seni.

> Jenis Buku untuk Kenaikan Pangkat 

1. Buku Publikasi Ilmiah

- Buku hasil penelitian, mengubah hasil penelitian dalam bentuk buku
- Buku pelajaran, yang ber- ISBN lengkap
- Buku pengayaan; seperti : modul / diktat, buku pendidikan, karya terjemahan
- Buku pedoman guru

2. Buku Karya Inovatif

- Kumpulan cerpen, terdiri dari 5 cerpen atau lebih kategori sederhana dan lebih dari 10 cerpen kategori kompleks.
- Kumpulan puisi, dapat berupa kumpulan 20 puisi atau lebih kategori sederhana, lebih dari 40 puisi kategori kompleks
- Novel, dapat berupa satu novel kategori sederhana dan dua novel kategori kompleks.

> Angka Kredit Buku

- Buku hasil penelitian, berupa buku yang diterbitkan ber-ISBN dan diedarkan secara nasional atau ada pengakuan dari BSNP : Angka Kredit (AK) 4

- Buku teks pelajaran, buku yang berisi  buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu, jika buku BNSP AK 6, ber- ISBN AK 3 dan tidak ber- ISBN AK 1. 

- Modul dan diktat : modul bertujuan agar siswa dapat belajar sendiri sedangkan diktat bertujuan mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi yang disampaikan oleh guru, dapat dibuat  minimal persemester atau pertahun. 

Di tingkat provinsi  AK  1,5
Di tingkat kota/kab.  AK 1
Di tingkat sekolah    AK 0,5

- Buku bidang pendidikan, buku yang berisi pengetahuan kependidikan, yang bisa dinilai adalah maksimal 4 penulis dalam 1 buku. Buku yang dicetak dan diterbitkan ber-ISBN AK 3, belum ber-ISBN AK 1,5 

- Karya terjemahan ; Karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan dari penerjemahan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah yang akan digunakan untuk membantu proses pembelajaran  dengan AK 1. 

- Buku pedoman guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja tahunan guru, disajikan dalam bentuk makalah, diketik dan dijilid hanya boleh 1 setiap pengajuan dengan AK 1,5

- Buku karya inovatif 
Satu buah buku novel, naskah drama/film, atau buku cerita bergambar (komik) yang diterbitkan, dan ber-ISBN.
Buku kumpulan cerpen minimal 5 cerpen atau buku kumpulan puisi minimal 20 puisi diterbitkan dan ber-ISBN 
Satuan kliping minimal 5 cerpen atau kliping minimal 20 puisi yang dimuat di media masa yang ber-ISSN.

> Buku kumpulan resume pelatihan dan buku antologi

Buku kumpulan resume pelatihan tidak bisa diajukan untuk kenaikan pangkat, hanya untuk berlatih menulis dan menjadi kebanggaan karena sudah berkarya. 

Buku antologi puisi minimal 20 puisi oleh 1 penulis baru dapat dinilai, untuk antologi cerpen minimal 5 cerpen tiap penulis dalam 1 buku

> Aturan Baru Kenaikan Pangkat

Mulai Juli 2023, rencananya untuk kenaikan pangkat sudah menggunakan aturan baru, tidak lagi menggunakan DUPAK, tetapi menggunakan SKP. Menghitungnya dengan memasukkan pembelajaran dulu. Ketika belum memenuhi standar minimal yang harus dipenuhi, maka dimasukkan unsur publikasi ilmiah termasuk menulis buku.

(Rosjida Ambawani, dari kota kecil Ciamis, Resume Pertemuan ke-25 Kelas Belajar Menulis Nusantara - KBMN  Gelombang 28, melaju maju tak perlu ragu menimba ilmu...)


1 komentar: