Sabtu, 11 Maret 2023

Mari Mendesain Cover Buku Menarik

Bismillahirrahmanirrahim.

Puji syukur tak henti terpanjat kepada Allah SWT hamba bermunajat, kehadirat  Rasulullah saw hamba bersalam bersholawat.

Ini pertemuan kedua puluh tujuh, sedikit lagi langkah dikayuh untuk berlabuh, walau penuh peluh rapuh tapi tahanlah untuk mengeluh meski sesekali berteduh bersimpuh ...

Pertemuan ke-27 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 28 membahas "Membuat Cover Buku yang Menarik " dipandu moderator Lely Suryani, S.Pd.SD., melalui zoom meeting.


dengan peserta zoom meeting kurang lebih 65 orang, sebagian lagi menyaksikan di youtube

Narasumber kali ini adalah Fajar Tri Laksono, M.Pd.

> Guru Mulia karena Karya 
-Guru itu harus memiliki karya, tidak hanya melaksanakan tupoksi guru. Jika mempunyai hobi/bakat/passion maka tekunilah dan jadilah pakar di bidang tersebut. 
-Jangan pernah lelah berkarya, teruslah berkarya, Karya yang bagus akan membawa pemiliknya menemui takdir yang baik. Tetap berdoa dan bertawakal.
-Percaya dirilah. Sebaik-baik karya, tidak semua orang suka. Sejelek-jelek karya, ada orang yang suka. Jadi harus percaya diri.
-Juara sejati adalah yang menjuarakan orang lain.
-Janganlah rendah diri sebagai guru honorer. Karena saat diberangkatkan ke Belanda/Nedherland sebagai juara 1 Inobel (Inovasi Pembelajaran) bersama 14 pemenang dari berbagai kategori, merupakan satu-satunya guru honorer, non PNS, guru tidak tetap yayasan.

> Pentingnya Sampul/Cover Buku

Buku tidak terlepas dari sampul atau cover. Sampul atau cover buku adalah salah satu kulit bagian luar yang biasanya kurang lebih terdiri dari : judul buku, nama pengarang, nama penerbit, gambar, ISBN, dll dan biasanya bagian belakang berisi sinopsis. Sampul ini juga merupakan pelindung buku. Sampul mewakili isi dari buku dan harus dibuat semenarik mungkin agar pembaca tertarik untuk membeli dan membaca buku tersebut. 

Untuk penulis terkenal, sampul yang bagaimanapun maka orang tetap tertarik membeli bukunya, tetapi untuk penulis pemula akan sangat penting untuk membuat cover sampul menarik yang menjadikan  orang untuk mau membuka dan membaca isinya.

> Cara Membuat Desain Sampul/Cover Buku

Membuat desain yang bagus dan menarik untuk sampul/cover buku tentulah tidak mudah. 

Penulis buku bisa membuat desain sendiri dengan kreasi dan skill yang dipunyainya, atau menyerahkan ke penerbit buku yang biasanya menyediakan desain sampul buku, atau meminta ke ahli desain grafis  untuk dibuatkan sesuai apa pun keinginan dan kemauan penulis, tentunya dengan membayar. 

Membuat desain sampul/cover buku bisa menggunakan power point, corel draw, canva, dll. Desain yang baik adalah yang berfungsi

> Syarat Desain Sampul/Cover Buku 

- Sesuai genre : non fiksi atau fiksi, jika fiksi misalnya horor, romance, science fiction, dll.
- Sesuai tema 
- Gambar bagus, menarik dan relevan
- Font sesuai dan bagus 
- Warna selaras 
- Ukuran dan tata letak tepat dan sesuai
- Tidak melanggar lisensi orang lain
- Sesuai peruntukan/target pembaca
- Tidak melanggar lisensi atau hak cipta karya orang lain, baik itu gambar, font, dll.
- Bersifat unik
      
Jika penulis menyerahkan desain sampul/cover buku kepada penerbit, tolong ditanyakan lisensinya biar tidak beresiko. Jangan mudah mengambil gambar dari browsing  karena bisa terkena pelanggaran lisensi. Jika melanggar lisensi atas karya orang lain atau hak cipta maka harus membayar ganti rugi

Jika kita berlangganan di market place dan membayar sejumlah biaya tertentu, maka kita bisa/berhak mendownload gambar maupun font indah dengan lisensi komersial tersebut, biaya per tahun untuk lisensi bisa mencapai 1,5 juta. Dengan lisensi berbayar tersebut maka desain cover bisa dibuat tanpa khawatir melanggar hak cipta. Penulis bisa juga menhubungi ahli desain grafis dan memesan atau minta dibuatkan cover sesuai permintaan, selera, dan keinginannya. 

Cara mengecek atau menelusuri asal gambar atau foto yang kita ambil/pakai itu melanggar lisensi atau tidak dengan dengan memanfaatkan mesin pencari gambar Google pada "Hak Penggunaan". Untuk foto hasil jepretan kamera sendiri adalah paling mudah dan tidak akan mendapat masalah pelanggaran hak cipta, bebas, tinggal diedit menggunakan photoshop.

Contoh-contoh desain cover sampul indah dapat dilihat di https://forms.gle/rc2uesLM4uPSBEMX8

(Rosjida Ambawani, dari kota kecil Ciamis, Resume Pertemuan ke-27 Kelas Belajar Menulis Nusantara - KBMN  Gelombang 28, menulis, menyampaikan pemikiran...)

3 komentar: