Rabu, 01 Maret 2023

Mari Kirim Tulisan Ke "Suara Guru"

Bismillahirrahmanirrahim.

Puji syukur terpanjatkan kepada Yang Maha Rahman penuntun kehidupan keabadian. Sholawat salam kepada Rasulullah saw Sang Panutan, insan idaman pedoman sampai akhir zaman.

Ini sudah malam ke dua puluh dua kita menimba ilmu tentang tulisan, sudah hampir mendekati akhir perjalanan, masihkah kita tertatih di akhir barisan ataukah mengencangkan langkah untuk sampai ke tujuan yang kita inginkan ...

Pertemuan ke-22 Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) Gelombang 28 membahas "Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru" dipandu moderator Sim Chung Wei, S.P. dan narasumber adalah Catur Nurrohman Oktavian, M.Pd., seorang Guru di SMPN I Kemang kabupaten Bogor dan sebagai Ketua Asosiasi Guru Penulis PB PGRI periode tahun 2019-2024, penulis yang karyanya tersebar di berbagai media.

Kali ini penyampaian materi melalui zoom meeting dan tidak menayangkan slide materi, jadi berupa penyampaian materi langsung diselingi dialog interaktif maupun pertanyaan via kolom chat. 

Peserta yang mengikuti zoom meeting berjumlah 70 orang

Isi materi adalah sebagai berikut :

> Sejarah majalah Suara Guru

Majalah Suara Guru adalah majalah yang diterbitkan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI). Majalah ini rutin terbit bulanan sejak tahun 1949 hingga kini. Kantor redaksi sejak tahun 1950-an hingga kini ada di Jalan Tanah Abang III Nomor 24, Jakarta Pusat. 

Pada awal berdirinya PGRI, media organisasi ini merupakan media komunikasi dan perjuangan, seiring perkembangannya, kini memuat tulisan para guru tentang pendidikan, kegiatan organisasi, dan lain-lain.

Majalah Suara Guru pada awal terbit berbentuk stensil dan sekarang sudah berwarna mengkilap karena dicetak di atas kertas glossy full colour, terbit dua bulan sekali, dan harga per eksemplarnya 25 ribu rupiah.

> Rubrik Majalah Suara Guru 

Majalah Suara Guru konsisten membahas seputar pendidikan pada hampir setiap rubrik yang ada. Ada beberapa rubrik antara lain :

1. Rubrik Opini : pada rubrik ini semua guru boleh mengirimkan artikel tentang info dunia pendidikan atau pun gagasan guru terkait dengan pendidikan 

2. Rubrik Bahasa : pada rubrik ini membahas tentang penggunanaan kaedah bahasa yang baku dan tidak baku yang ada di KBBI atau PUEBI. 

3. Rubrik Sastra : berisi tulisan cerpen, puisi, pantun, fiksi mini dan sejenisnya. 

4. Rubrik Oase : kisah mutiara kehidupan yang memberikan pencerahan bagi pembaca bagai penghilang dahaga  

5. Rubrik Destinasi : berisi kisah hasil perjalanan ke suatu destinasi atau pengalaman perjalanan wisata 

6. Rubrik Sekolah/Universitas : berisi tulisan prestasi sebuah lembaga pendidikan atau berbagi info program sekolah, misal tentang penerapan P5 di sekolah

7. Rubrik Sosok : berisi tulisan tentang tokoh inspiratif yang berkecimpung di dunia pendidikan. 

8. Rubrik Resensi :berisi tulisan sinopsis singkat dari sebuah judul film tema pendidikan atau resensi buku-buku pendidikan. 

9. Rubrik Best Practice atau Praktik Baik : pada rubrik ini tulisannya bukan model penulisan best practice sebenarnya, tetapi sudah diolah memparafrasakan menjadi sebuah tulisan menarik. 

10. Rubrik Suara Utama : berisi liputan utama yang berisi tentang informasi kebijakan 

Masih ada rubrik lainnya yang bisa dilihat pada majalah Suara Guru : Organisasi, Edutainment, Percik, Inspiratif, dll.

> Syarat dan Ketentuan Mengirim Tulisan ke Majalah Suara Guru

1. Naskah merupakan tulisan asli, bukan plagiat (ada trik dan sistem, cara khusus tim redaksi untuk mendeteksi naskah)

2. Tidak bersifat SARA dan tidak menyerang pihak lain (ada tahap editing)

3. Bersifat aktual 

4. Menggunakan bahasa populer, mudah dipahami, komunikatif, ringan, enak dibaca

5. Untuk naskah menggunakan ukuran kertas A4, font Times New Romance 12 spasi 1,5 penulisan di Ms Word

6. Maksimal 700 kata untuk rubrik Opini, untuk rubrik lain maksimal 400 kata

7. Pengiriman naskah bisa via surel : suaraguru@gmail.com. 

Guru ASN engan mengirimkan tulisan ke majalah Suara Guru bisa mendapatkan kredit poin 2  untuk kenaikan pangkat atau bisa untuk menambah poin. Apabila diperlukan bisa mendapatkan e-sertifikat dari pengurus majalah sebagai bukti dan tentu saja edisi majalah yang memuat tulisan kita akan dikirim kepada penulisnya. 

> Lomba Menulis untuk Guru yang Diselenggarakan oleh Suara Guru  

> Cover Majalah Suara Guru

                                                         Cover majalah Suara Guru 2023

Cover majalah Suara Guru 2022

                                 Cover majalah Suara Guru edisi 1954 dan 2019
Untuk informasi lebih lengkap dapat diklik https://id.wikipedia.org/wiki/Suara_Guru

Majalah Suara Guru tetap bertahan dari tahun 1949 hingga saat ini. Merupakan media cetak yang masih eksis membahas pendidikan. 

Dahulu terbit setiap bulan, tetapi pada saat pandemi sempat terbit berupa online karena sikonnya tidak memungkinkan untuk dicetak saat itu. Sekarang majalah ini terbit 2 bulan sekali. Penjualannya pun sudah bisa didapatkan melalui marketplace di shopee. Tampilannya sekarang lebih mungil bisa dibawa kemana-mana. 

Untuk pemesanan majalah Suara Guru bisa menghubungi bu Widya di nomor hp : 087882289299

Kontak narasumber bapak Catur melalui no 089517706704, 0817740192

Penutup dari narasumber bahwa dunia literasi merupakan tanggungjawab guru dan dosen. Literasi bukan soal menulis, namun bagaimana menumbuhkan budaya baca. Untuk itu mengapresiasinya dengan berlangganan media seperti majalah Suara Guru. Hidup matinya majalah suara guru tergantung tulisan-tulisan guru. 

(Rosjida Ambawani, dari kota kecil Ciamis, Resume Pertemuan ke-22 Kelas Belajar Menulis Nusantara - KBMN  Gelombang 28, terus berjalan menuju harapan ...)

1 komentar: